Senin, 01 Agustus 2011

CAPSA : Permainan Sehari-hari

Gue yakin, diantara kalian pasti ada yang pernah denger yang namanya CAPSA. Ya, permainan kartu yang (cukup) terkenal di Indonesia. Apa itu capsa din? Nih ya, buat yang belum tau apa itu capsa:

Dari kompasiana :
Apa itu Capsa? Capsa adalah permainan kartu yang artinya tiga belas. Permainan ini juga disebut Big Two (karena karu tertingginya adalah 2) atau Thirteen. Umumnya, permainan ini dimainkan oleh empat orang. Jadi jika dimainkan, setiap peserta akan mendapat 13 kartu (karena jumlah kartu remi adalah 52).
Ada dua jenis Capsa, yaitu Capsa Susun dan Capsa Banting. Capsa Susun sepertinya belum seterkenal Capsa Banting. Cara bermain Capsa Susun adalah dengan menyusun kartu yagn telah kita dapat dengan formasi 5-5-3. Kemudian setiap formasi ini diadu dengan formasi lawan. Siapa yang menang paling banyak, dialah pemenangnya.
Sementara cara bermain Capsa Banting lebih menarik. Disebut Capsa Banting karena setiap kita mengeluarkan kartu biasanya dibanting. Di Capsa Banting ini kita dapat pemenangnya jika kita menghabiskan kartu paling pertama.

Hmmm, sudah mengerti? Biasanya sih, kalo gue dan teman-teman main, mainya yang Capsa Banting. Kenapa? Soalnya lebih menarik dan seru. Satu permainan terdiri dari 4 orang (boleh kurang gak boleh lebih). Biasanya gue dan teman-teman nafsu banget mainnya, jadi setiap ngeluarin kartu langsung banting-banting aja. Hehehehe.. Memang akhir-akhir ini Capsa jadi terkenal di kelas gue. Kalo kalian ngeliat langsung gimana keadaan kelas gue lagi main kartu, beeeeuuh... *udah deh gak usah dijelasin*. Hehehehe.

Terus, cara mainnya gimana?
Hmmm... Oke sekarang gue jelasin HOW TO PLAY CAPSA. Cekidot:

Jadi, capsa itu permainan "Lebih Besar Mana", maksudnya siapa yang mengeluarkan kartu yang lebih besar jumlahnya dia yang menang. Urutan lambang dari kartu (dari yang ter-rendah ke ter-tinggi) adalah Wajik (diamond), Kriting (club/clover), Hati (heart), dan Sekop (spades). Kalo penentu giliran menurut gue dan teman-teman menggunakan kartu yang berangka 3. Siapa yang mengeluarkan 3 sekop dia yang pertama, dan seterusnya. Kartu yang dikeluarkan juga bermacam-macam, bisa dikeluarkan secara satuan atau dikombinasi. Dibawah ini adalah jenis-jenis kartu yang dikeluarkan:

1. Single
    Kalo ini kartu dikeluarkan satu-satu. Kartu yang ter-rendah adalah 4 wajik (tapi banyak juga yang terendah adalah 3 wajik, karena banyak juga yang menentukan giliran bermain tanpa menggunakan kartu angka 3). Dan kartu yang tertinggi adalah 2 Sekop.
2. Per / Pair
    Kartu yang dikelarkan sepasang yang angkanya harus sama. Jadi misalnya ya, teman-teman mengeluarkan Per 4. Itu artinya kalian mengeluarkan 2 buah kartu 4.
3. Threes
    Kartu yang dikeluarkan 3 buah kartu yang angkanya sama. Misalkan gue mengeluarkan Threes 5, artinya gue mengeluarkan 3 kartu yang angkanya 5.
4. Polo / Full House
    Kartu ini gabungan dari  Threes dan Per. Misalnya kalian mengeluarkan Polo 6. Artinya kalian mengeluarkan Threes 6 dan Per apa saja. INGAT!! Kalau mau melawan polo yang lain lihat di kartu Threes-nya. Misalnya kalian mau melawan polo 6, maka lawanlah dengan Threes 7 dan per apa saja.
5. Straight / Seri
    Kalian bisa mengeluarkan Seri jika memiliki kartu yang angkanya berurutan dan lambangnya boleh berbeda. Kartu seri minimal terdiri dari 5 buah kartu. Misalnya, gue mengeluarkan seri dari 4 sampai 8, bisa dilawan dengan seri dari 8 sampai King.
6. Murni
    Murni terdiri dari 3 kartu yang berurutan dan berlambang sama. Murni juga bisa melawan straight. Misalnya kalian mengeluarkan polo dari 8 sampai king, trus gue bales dengan murni 7,8,9 hati. Nah terus kalian mau membalas lagi dengan 8,9,10 sekop, jadi kalian pemenan pada giliran itu.
7. Royal Flush
    Royal Flush hampir sama dengan seri, tapi bedanya lambangnya harus sama. Dan  bisa membalas angka 2, dan pada saat itu juga permainan berakhir. Orang yang mengeluarkan angka 2 akan kalah dan yang mengeluarkan Royal Flush akan menang. Misalnya, gue mengeluarkan angka 2 Sekop, trus kalian balas dengan Royal Flush 4,5,6,7,8 hati, maka pada saat itu juga kalian menang dan saya kalah.
8. Piting /  Bom
    Fungsi piting sama dengan Royal Flush. Cuma bedanya piting terdiri dari 4 kartu yang angkanya sama. Misalnya saya mengeluarkan angka 2 hati, kalian balas dengan Piting 4. Pada saat itu juga permainan berakhir dan kalian pemenangnya.

Hmmm.. Kira-kira permainannya seperti itu. Berminat untuk mencoba? Ya, coba saja. Bermain Capsa memang menyenangkan kalau bermain bersama teman-teman. Atau berminat untuk latihan dulu? Bisa dicoba di VIWAWA.COM. Kalo di VIWAWA nama permainannya Big 2.5, permainannya juga agak berbeda dengan capsa. Jadi kalian bisa latihan dulu di viwawa. Sekalian promosi, kalo kalian main di viwawa add saya ya, akun saya namanya KIR13 .

Okelah kalo begitu, sekian dulu post dari saya. Hehehehe... Tunggu postingan-postingan dari saya yang selanjutnya. Berhubung sekarang lagi bulan puasa SELAMAT BERPUASA YA TEMAN-TEMAN!!! ^_^.

9 komentar:

  1. aku ga ngerti main kartu kaka -__-
    seruan main congklak...wkwkw

    BalasHapus
  2. hmm... congklak juga pernah dimainin di sekolah aku. tapi jarang. masih ramean yang main Capsa

    BalasHapus
  3. olooo...~ saya amsih asing dengan game ini. tapi keliatannya cukup seru. ntar deh kapan2 dicoba. thanks buat infonya :D

    BalasHapus
  4. @kurimonsta: memang seru!! kalo mau mencoba bisa dicoba dulu di viwawa.com . nama permainannya big 2.5 permainannya memang agak berbeda sih, tapi ya itung-itung belajar main capsa. hehehe ^_^

    BalasHapus
  5. gw gak ngerti din!!! :(

    mending maen UNO!!
    kwkwkwkwk :Peace:

    BalasHapus
  6. @bang jem: makanya belajar mainnya dong bang. hehehe. seru kalo ngerti mainnya mah jem. tapi main uno juga seru sih. hehehe

    BalasHapus
  7. mending coba "cashFlow"
    kek monopoli cuman eperti simulasi bisnis... emang sih harganya mahal.. tapi bermanfaat untuk masa depan..

    BalasHapus
  8. tambhan. klo cashflow mainnya 24 jam aja biasa ngga cukup lohh

    BalasHapus
  9. hmmmmmmm... boleh juga tuh. terima kasih ata informasinya ya. heu heu :)

    BalasHapus

Jangan segan-segan untuk komen. Gue gak suka makan manusia kok. :D

Entri Populer